Pages

Kamis, 08 Agustus 2013

Lembaga Madrasah Tempo Doeloe

Lembaga-lembaga yang terkenal di dunia Islam pada zaman klasik adalah: kuttab, masjid dan madrasah. Ada juga yang membaginya kepada: maktab/kuttab, al-jami’, majelis ilmu atau majelis adab, dan madrasah atau kuliyah (Al-Ahwani, 63)
1. Kuttab adalah lembaga pendidikan tingkat rendah, tempat belajar, membaca dan menulis Al-Quran. Al-Jami’ maknanya disini adalah masjid. Majlis ilmu atau majlis adab merupakan tempat pertemuan yang dipimpin langsung oleh kholifah. Majlis ini telah tumbuh sejak zaman Umayah dan berkembang pada zaman Abbasiyah.

2. Lembaga berikutnya adalah Madrasah, madrasah adalah lembaga pendidikan yang tumbuh setelah masjid. Salah satu factor yang menyebabkan tumbuhnya madrasah adalah karena masjid-masjid telah penuh dengan tempat-tempat belajar dan hal ini nengganggu aktivitasa pelaksanaan sholat. [1]
Ada beberapa perbedaan pokok antara masjid dan madrasah, yakni di dalam madrasah adanya, Ihwan yang dalam istilah sekarang disebut dengan ruang kuliah, disamping itu bagi setiap madrasah adanya asrama-asrama untuk tempat tinggal pelajar dan jumlah muridnya terbatas. Sedangkan di masjid murid-muridnya tidak terbatas, dan guru-guru yang mengajar di masjid tanpa diangkat secara resmi oleh siapa pun.[2]

[1] Abudinnata,sejarah pertumbuhan dan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan islam di Indonesia, (Jakarta: Grasindo,2001), hal. 196.
[2]   Putra dauly, haidar, Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia, 2009, hlm. 95.

0 komentar:

Posting Komentar